Wahai Muslimah, Jaga Mulut Dan Kehormatanmu

Viral Media - Saudaraku yang dirahmati Allah...

Kata orang: “Lidah memang tidak bertulang”, ada juga yang bilang: “Mulutmu Harimaumu”. Itu hanya kiasan saja bahwa betapa mudahnya mulut ini mengucapkan sesuatu yang dapat merugikan dirinya dan orang lain. Sering kali terjadi, seseorang sangat menyesali keburukan yang dilakukan dengan tangannya, misalnya, walau sekali, namun berulangkali lisannya berbuat keburukan, jangankan disesali, bahkan dirinya tidak merasakan bahwa itu adalah keburukan.

Pernahkah anda merasa sakit hati oleh ucapan seseorang?, merasakan pedihnya fitnah keji dan kabar dusta tentang anda?, merasakan kesal mendengar omongan penuh bualan dan kesombongan?, mengalami cekcok dengan orang terdekat karena isu-isu bohong? Dan masih banyak lagi keburukan yang dirasakan akibat penggunaan mulut yang tidak benar.

Saudaraku...

Itu artinya kita harus hati-hati menjaga mulut kita, bukan tidak mungkin ada orang lain yang pernahmerasakan seperti apa yang kita rasakan karena mulut kita yang tidak terjaga. Hati-hatilah dalam masalah mulut, karena dia dapat menjadi salah satu sumber kesulitan dalam hidup kita, sebagaimana dia dapat menjadi sumber kebahagiaan kita manakala kita jaga dengan baik.

Ucapan orang lain yang tidak terkendali kepada kita, bukan alasan bagi kita membalasnya dengan melepaskan mulut kita tanpa kendali.

Cukuplah sebuah pesan Rasulullah  SAW kepada kita: “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah berkata  yang baik atau diam”. (HR. Bukhari)

Saudaraku...

Kemudian masalah kehormatan kita. Hendaklah kita jaga sekuat-kuatnya. Jangan sampai karena bisikan mereguk kesenangan sesaat, kita korbankan kehormatan kita. Apalagi yang telah berkeluarga.

Kehormatan adalah amanah Allah untuk kita jaga kecuali kepada siapa yang telah sah menjadi suami atau istri kita. Betapa banyak orang yang menderita karena kehormatannya ternodai hanya karena janji-janji palsu, bisikan-bisikan semu atau kebusukan yang berlumur madu. Jangan sekali-kali percaya kepada laki-laki yang datang kepada anda dengan bujuk rayu. Yakinlah, anda bukan wanita pertama dan dan terakhir yang dirayunya, tidak ada yang diinginkan kecuali kehormatan anda yang ingin direnggutnya.

Menjaga kehormatan, berarti juga harus menjaga pandangan, pendengaran, mulut, tangan dan kaki kita terhadap apa saja yang mendatangkan perzinahan. Sebab kata Rasulullah SAW, mata, mulut, tangan dan kaki dapat berzina dan kemudian dapat mengantarkan pada perzinahan yang sesungguhnya.

Saudaraku...

Pada keduanyalah (mulut dan kemaluan) kebahagiaan dan kesengsaraan kita juga dipertaruhkan. Ingatlah selalu kedua pesan Rasulullah SAW berikut:

“Yang paling banyak menyebabkan seseorang masuk neraka adalah mulut dan kemaluan” (HR. Tirmidzi)

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Siapa yang dapat menjamin saya (untuk menjaga) diantara kedua janggutnya (baca: mulutnya) dan diantara kedua pahanya (baca: kemaluannya), maka aku jaminkan surga untuknya” (HR. Bukhari)

Sekali lagi, jagalah mulut dan kehormatanmu...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Wahai Muslimah, Jaga Mulut Dan Kehormatanmu